Dalam
aplikasi Dapodikdas 4.1.0 atau 4.1.1 ini terdapat beberapa perubahan data.
Apalagi bagi anda yang mendownload prefill sejak awal dirilisnya aplikasi
tersebut. Struktur database prefill itu sendiri telah diupdate oleh pihak
pengembang aplikasi sehingga ada data yang berbeda. Oleh karena itulah aka nada
keterangan “Pengguna Tidak Aktif” saat anda melakukan sinkronisasi.
Tapi
apapun masalahnya yang terpenting adalah solusi agar dapodikdas anda tetap bisa
disinkron dan data terkirim. Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa langkah
yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :
1.
Buka aplikasi dapodikdas, pastikan sudah terinstal versi terbaru
yaitu Dapodikdas 4.1.1.
2.
Di halaman masuk silahkan pilih Registrasi.
3.
Pada halaman registrasi, silahkan masukkan semua data yang
dibutuhkan termasuk email yang berbeda dengan yang telah didaftarkan pada awal
mendaftar.
4.
Jika semua data termasuk Kode Registrasi sudah dimasukkan,
silahkan klik simpan.
5.
Jika terdapat keterangan data berhasil, silahkan anda login
kembali dengan email yang baru didaftarkan tersebut.
6.
Setelah melakukan perbaikan, silahkan sinkron dan cek apakah
sinkron telah berhasil atau tidak.
Jika
terdapat lagi permasalahan pada proses registrasi yang menyatakan "prefill
tidak ditemukan", maka yang harus dilakukan adalah :
1.
Download ulang prefill di laman www.dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php
2.
Setelah didownload ulang, maka silahkan letakkan kembali di folder
C://prefill_dapodik
3.
Setelah langkah 1 dan 2 selesai dilakukan, silahkan daftar ulang
seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Demikian
cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pengguna tidak
aktif pada aplikasi Dapodikdas.
No comments:
Post a Comment